Tuesday 28 March 2017

Ceramah : 3 PENYEBAB UTAMA WANITA PALING BANYAK MASUK NERAKA

3 PENYEBAB UTAMA WANITA PALING BANYAK MASUK NERAKA


Kaum Muslimin Rahimakumullah
Marilah kita sama-sama memanjatkan puja dan puji syukur kepada Allah SWT atas rahmat, nikmat, dan inayah-Nya kepada kita semua. Sehingga sampai detik ini kita bisa melaksanakan tugas dan kewajiban kita di kehidupan sehari-hari sebagai hamba-Nya.
Salam dan sholawat senantiasa tercurah kepada baginda Nabi Besar Nabi Muhammad SAW karena dengan jasa beliaulah sehingga kita bisa berada dalam keyakinan yang sejati yakni agama islam, agama yang diridhoi oleh Allah SWT.

Kaum Muslimin Rahimakumullah
Saat Nabi melakukan Isro’ Mi’roj, beliau bersama Jibril a.s melakukan perjalan ke Surga dan Neraka. Mengenai hal ini, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:
“Aku melihat ke dalam Syurga maka aku melihat kebanyakan penghuninya adalah fuqara’ (orang-orang fakir) dan aku melihat ke dalam Neraka maka aku menyaksikan kebanyakan penghuninya adalah wanita.”
Berdasarkan hadits di atas, maka setidaknya ada 3 alasan kenapa wanita paling banyak di neraka, yakni:
1.       Kufur (Tidak Bersyukur) Terhadap Suami dan Kebaikan-Kebaikannya
Kekufuran seumpama ini terlalu banyak kita dapati di tengah-tengah keluarga kaum muslimin, yaitu seorang isteri yang mengingkari kebaikan-kebaikan suaminya selama sekian waktu yang panjang hanya dengan sikap suami yang tidak sesuai dengan kehendak isteri sebagaimana kata pepatah, “panas setahun dihapus oleh hujan sehari”. Padahal yang harus dilakukan oleh seorang isteri ialah bersyukur terhadap apa yang diberikan suaminya, janganlah ia mengkufuri kebaikan-kebaikan suami kerana Allah SWT tidak akan melihat isteri seumpama ini sebagaimana dijelaskan Rasulullah SAW: “Allah tidak akan melihat kepada wanita yang tidak mensyukuri apa yang ada pada suaminya dan tidak merasa cukup dengannya.”
2.       Durhaka Terhadap Suami
Kedurhakaan yang dilakukan seorang isteri terhadap suaminya pada umumnya berupa tiga bentuk kedurhakaan yang sering kita jumpai pada kehidupan masyarakat kaum Muslimin. Tiga bentuk kedurhakaan itu adalah:
a.       Durhaka dengan ucapan yang tidak baik atau kasar kepada suami
b.       Durhaka dengan perbuatan yang tidak baik atau kasar kepada suami
c.       Durhaka dengan ucapan dan perbuatan yang tidak baik atau kasar kepada suami
3.       Tabarruj
Yang dimaksud dengan tabarruj ialah seorang wanita yang menampakkan perhiasannya dan keindahan tubuhnya serta apa-apa yang wajib ditutupnya dari pandangan lelaki bukan mahramnya. Hal ini kita dapati pada sabda Rasulullah s.a.w tentang wanita-wanita yang berpakaian tapi hakikatnya telanjang disebabkan pakaian yang mereka pakai tipis, bercelana ketat menampakkan bahagian-bahagian tubuh tertentu, tidak menutup aurat seperti yang berlaku di dalam masyarakat kita. Hal ini termasuk dari perbuatan-perbuatan yang menyebabkan mereka dilaknat oleh Allah SWT.

Kaum Muslimin Rahimakumullah
Demikianlah yang dapat saya sampaikan, lebih kurang saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekhilafan karena yang benar datangnya dari Allah SWT dan yang salah datangnya dari saya sendiri. Semoga ada manfaatnya, amin, amin ya robbal’alamin.
“Wabillahi taufiq wal hidayah,  Wassalamu’alaikum Wr Wb”.


No comments:
Write komentar

Syaharuddin. Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.

KOMENTAR ANDA