Tuesday 28 March 2017

Ceramah : 5 SIFAT WAJIB BAGI ORANG YANG SEDANG BERPUASA

5 SIFAT WAJIB BAGI ORANG YANG SEDANG BERPUASA


Kaum Muslimin Rahimakumullah
Marilah kita sama-sama memanjatkan puja dan puji syukur kepada Allah SWT atas rahmat, nikmat, dan inayah-Nya kepada kita semua. Sehingga sampai detik ini kita bisa melaksanakan tugas dan kewajiban kita di kehidupan sehari-hari sebagai hamba-Nya.
Salam dan sholawat senantiasa tercurah kepada baginda Nabi Besar Nabi Muhammad SAW karena dengan jasa beliaulah sehingga kita bisa berada dalam keyakinan yang sejati yakni agama islam, agama yang diridhoi oleh Allah SWT.

Kaum Muslimin Rahimakumullah
Ada 5 sifat utama yang Allah ingin kita memilikinya baik saat bulan puasa ini maupun 11 bulan berikutnya sebagai hasil dari didikan kita selama 1 bulan ini. Sifat tersebut adalah:
1.       Sabar. Sabar merupakan sifat paling utama dan pertama dari sifat yang lain. Begitu pentingnya sabar itu hampir setara dengan sholat. Kita harus bersabar dalam menerima apapun dari Allah SWT seperti bencana, kamalangan, ataupun dari manusia seperti caci maki, penghinaan, dan sebagainya. Kita tidak boleh membalas atau dendam karena balas membalas adalah tugas Allah SWT, bukan tugas kita.
2.       Ikhlas. Ikhlas merupakan sifat yang sangat sulit kita miliki tapi bisa kita miliki kalau kita mau berusaha, dan puasa adalah salah satu pendidikan dari Allah agar kita bisa berbuat ikhlas. Ikhlas dalam memberi kepada orang lain baik kecil maupun besar. Begitu juga dalam menerima kita harus ikhlas karena dibalik kesulitan pasti ada kemudahan, dibalik penderitaan pasti ada kebahagiaan.
3.       Jujur. Jujur merupakan sifat yang dianjurkan dalam berpuasa, karena berbohong sama halnya dengan menghilangkan keberkahan dari puasa, sehingga puasa kita tidak bernilai.
4.       Pemberi. Memberi dalam kelebihan kepada orang lain khususnya kepada orang-orang terdekat kita sangat dianjurkan. Karena dengan memberi kita mengerti dengan keadaan orang lain, kita dengan kekurangan orang lain. Tidak ada sedikitpun kerugian dalam diri kita saat kita mau memberi.
5.       Pemaaf. Inilah sifat terakhir yang harus kita miliki yakni memaafkan segala kesalahan orang lain kepada kita. Besar kecil, tua muda semuanya harus kita maafkan. Sifat pemaaf adalah kunci dari pintu-pintu surga.

Kaum Muslimin Rahimakumullah
Semoga kita tergolong orang-orang yang memiliki sifat tersebut agar puasa dan segala amal ibadah yang kita lakukan selama bulan puasa ini mendapat ganjaran yang baik dari Allah SWT. Amin ya robbal alamin.

Kaum Muslimin Rahimakumullah
Demikianlah yang dapat saya sampaikan, lebih kurang saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekhilafan karena yang benar datangnya dari Allah SWT dan yang salah datangnya dari saya sendiri. Semoga ada manfaatnya, amin, amin ya robbal’alamin.

“Wabillahi taufiq wal hidayah,  Wassalamu’alaikum Wr Wb”.

No comments:
Write komentar

Syaharuddin. Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.

KOMENTAR ANDA